Makanan Khas dari Wakatobi Island

Posted by

Kelanjutan dari Tempat Wisata Cantik di Wakatobi Island

Puas dengan berjalan-jalan menikmati keindahan Wisata Bahari dan juga beberapa wisata cantik lainnya yang ada di Pulau Wakatobi, kini waktunya untuk menikmati aneka macam wisata kuliner khas dari Wakatobi yang rasanya enak dan memanjakan lidah para penikmatnya.

Ada banyak sekali makanan khas yang ada disini, dan tentunya juga menjadi salah satu makanan anda bukan ? Dan berikut ini beberapa makanan-makanan favorit yang menjadi pilihan banyak wisatawan yang datang berlibur ke Wakatobi.

1. Kasoami

Makanan Khas dari Wakatobi Island

Merupakan makanan pokok khas dari Wakatobi yang terbuat dari bahan dasar ubi kayu dimana proses penyajiaannya sangat enak jika dimakan masih dalam keadaan hangat/panas. Bentuknya yang unik mengerucut seperti gunung juga menambah cita rasa nikmat dilidah. Sangat cocok dihidangkan dengan ikan bakar dan ikan pande.

2. Luluta
Juga serig disebut dengan istilah nasi bumbu dimana penyajiannya dengan ditambahkannya aroma santan dan juga daun pisang yang dipanggang diatas bara api.

3. Kambalu
Jika Kasoami terbuat dari bahan dasar ubi kayu, tidak jauh beda jika dengan makanan khas lainnya dari Wakatobi yaitu Kambalu, dimana dibuat dari bahan dasar ubi-ubian juga.

Baca Juga: Makanan Sop Pengantin di Solo

4.  Kapusu
Sepintas makanan khas ini nampak seperti bubur kacang ijo, namun Kapusu terbuat dari bahan dasar jagung yan biasanya ditambahkan dengan kacang merah. Kapusu yang juga menjadi salah satu makanan pokok di Wakatobi ini sangat enak jika hidangkan saat masih panas, bisa dimakan dengan ikan bakar dan ikan pande.

5. Parende
Juga merupakan makan pendamping dimana terbuat dari bahan dasar ikan yang dimasak dengan bumbu asam yang didapatkannya dari rasa asam belimbing. Bisa juga sebagai makanan tambahan Kasoami dan Kapusu.

6. Karasi
Ini salah satu makanan ringan yang cocok untuk camilan dimana dibuatnya dari bahan dasar tepung terigu yang dioleh, dicetak kemudian di goreng.

7. Kerang-kerangan
Makanan yang sering digunakan masyarakat Wakatobi untuk lauk tambahan, biasanya ada yang dimasak, ada pula yang dimakan mentah-mentah dengan dibumbui jeruk nipis.

Sumber: wakatobikab.go.id


Kemon Brother !!


Follow And Join

Social Media Widget SM Widgets




Kemon Holiday Updated at: 10:56:00

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts