Gumul Monument: Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

Posted by


wisata simpang lima gumul, monumen slg, rute gumul, tiket masuk

Monumen Simpang Lima Gumul atau sering orang menyebutnya dengan istilah SLG/Gumul adalah salah satu dai sekian banyak ikon Kota Kediri. Monumen seperti ini hanya ada dua di dunia, yang pertama Monumen Arc de Triomphe de l'Étoile di Paris, Perancis dan yang kedua adalah Monumen Simpang Lima Gumul di Kediri, Jawa Timur. Memang, monumen SLG diadaptasi dari monumen Arc de Triomphe. Pasti banyak dari kalian yang saat perjalanan menuju kota kediri dari arah timur pasti akan melewati Simpang Lima Gumul ini.

Gumul menjadi tempat favorit bagi para pencinta fotografer karena memang situasinya yang sangat mendukung untuk karya seni fotografi. Jadi untuk kalian yang senang foto-foto harus datang ke Monumen Simpang Lima Gumul ini.

Pada akhir pekan, tempat ini sangat ramai didatangi para wisatawan baik dari kota kediri sendiri dan juga dari kota lain. Selain tempat yang indah untuk fotografi, Simpang Lima Gumul juga bagus untuk wisata keluarga karena disediakan taman di sekitaran monumen untuk para pengunjung bersantai ria.

Adapun fasilitas yang ada di SLG yaitu taman keluarga, tempat bermain dan belajar untuk anak-anak, serta pasar-pasar di sebelah barat monumen yang menyediakan aneka ragam wisata kuliner, juga banyak orang jualan oleh-oleh untuk orang yang suka wisata belanja. Bagi yang suka basah-basahan bisa mencoba wahana bermain air yang ada di Gumul Paradise, sebelah utara monumen. Untuk masuk ke kawasan monumen, dari tempat parkir kita akan melewati lorong bawah tanah untuk mencapai monumennya. Keren lah pokoknya.

lorong bawah tanah menuju monumen

Disarankan saat ke Simpang Lima Gumul jangan siang hari karena sangat panas dan sepi pengunjung juga, tetapi pada waktu pagi hari atau sore hari karena tidak ada sinar matahari langsung jadi bisa santai, foto-foto juga menikmati segarnya angin. SLG ramai pengunjung pada hari akhir pekan dan juga hari libur.

TIKET
Tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk masuk ke monumen Simpang Lima Gumul, cukup membayar uang parkir 2000 rupiah untuk roda dua dan 5000 rupiah untuk roda empat.

RUTE WISATA SIMPANG LIMA GUMUL
Monumen Simpang Lima Gumul terletak di desa Tugurejo kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri, tepatnya di persimpangan lima arah ke Gampengrejo, Pagu, Plosoklaten, Pare, dan Pesantren (arah Wisata Gunung Kelud Kediri)

1. Rute Dari Barat: Kota Kediri, Nganjuk, Tulungagung, Madiun
dari arah utara jalan raya kertosono-madiun pada persimpangan empat perbatasan nganjuk, kediri, dan jombang ambil arah selatan menuju kota kediri (35KM) sampai perempatan pabrik rokok gudang garam lurus mentok ada pertigaan ambil kiri/timur lurus 15 KM mentok belok kiri ikut jalan besar sudah arah SLG kurang lebih 20 KM sampai.
dari arah selatan alun-alun kota kediri lurus ke utara sampai perempatan jalan dhoho, belok kanan/timur 15 KM, setelah lewati pasar setono bethek ada pertigaan besar (tanpa lampu merah) belok kanan/utara melewati Stadion Brawijaya (nanti ada di sebelah kiri jalan) lurus terus ikut jalan besar menuju Simpang Lima Gumul 25 KM.

2. Rute dari Timur: Pare, Jombang, Kota Batu, Malang, Pasuruan
dari arah utara alun-alun jombang ke selatan menuju pare, kediri lewat ngoro jombang, sampai di alun-alun pare ke barat arah menuju kota kediri/wisata simpang lima gumul (30KM).
dari malang, lewat kota wisata batu menuju arah kota kediri, sampai pertigaan pasar kandangan, belok kiri/selatan menuju pare. Sampai di alun-alun pare ikuti rute diatas.

Kemon Brooo !!


Follow And Join

Social Media Widget SM Widgets




Kemon Holiday Updated at: 14:06:00

2 komentar:

  1. Replies
    1. iya silahkan mengunjungi monumen simpang lima gumul di kota kediri :)

      jangan lupa kunjungi juga wisata Gunung Kelud di http://kemonholiday.blogspot.co.id/2015/09/kelud-mountain-wisata-gunung-kelud.html

      Delete

Popular Posts