Wisata Kampung Durian di Jombang

Posted by


wisata jawa timur, wisata jombang, durian montong kampung durian
foto: google

Siapa yang durian mania ? Jangan mengaku durian mania kalau belum datang ke tempat ini. Namanya kampung durian. Sebenarnya nama asli desa nya sih Desa Sumber, berhubung disini gudangnya buah durian, maka orang-orang lebih sering menyebutnya kampung durian.

Pada musim panen durian yang berkisar antara bulan September sampai februari, di kampung ini akan banyak penjual durian yang berjejer sepanjang jalan.

Lebih mantabnya lagi, pada musim panen sering diadakannya festival durian oleh pemerintah Kabupaten Jombang, dimana akan ada makan besar buah durian yang semua nya free untuk siapa saja. Namun biasanya tidak boleh dibawa pulang, harusmakan di tempat. Tapi jika berkenan untuk membawa pulang bisa beli penjual-penjual di sekitaran tempat ini.

Taman wisata yang berada di lereng Gunung Asmoro ini menawarkan banyak aneka jenis durian seperti durian susu, durian montong, durian kerikil, durian bawor, dan masih banyak lagi. Kalau mau tahu ya silahkan datang ke tkp. hehee

Letaknya yang berada di kawasan pegunungan menjadikan tempat ini juga sejuk akan udaranya. Saat perjalanan menuju desa sumber pun akan disuguhi pemandangan indah pohon-pohon besar dan rindang.

tradisi kenduren, durian, wisata jombang, wonosalam
Tradisi KenDUREN di Wonosalam. Foto: Google

Tidak jauh dari tempat wisata ini anda juga bisa datang ke wisata Goa Sriti dan Goa si Golo Golo yang juga berada di kecamatan wonosalam. Gua yang masih alami ini dicapai dengan berjalan kaki, menuruni bukibukit yang mengarah ke kawasan pedesaan yang masih asri.

RUTE WISATA KAMPUNG DURIAN
Kampung durian berada di desa Sumber Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang yang berjarak sekitar 40 Km dari pusat kota Jombang.

1. Rute dari Jombang
dari alun-alun jombang ambil arah menuju ke mojoagung yang berjarak sekitar 30 Km, dilanjutkan ke arah wonosalam yang berjarak sekitar 10 Km. Atau bisa lewat Tebuireng menuju Mojowarno dilanjutkan ke Wonosalam.

2. Rute dari Kediri-Malang
dari kecamatan pare, di pasar kandangan ambil arah kiri menuju ke Wonosalam.

Jika ingin menikmati wisata goa nya bisa lewat jalur Mojokerto menuju Brangkal terus Jatirejo dan terakhir wonosalam.

Kemon Brooo !!


Follow And Join

Social Media Widget SM Widgets




Kemon Holiday Updated at: 10:19:00

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts