Kelud Mountain: Wisata Gunung Kelud Kediri

Posted by

wisata kediri jawa timur, wisata jawa timur, indonesia tourism place

Gunung Kelud adalah gunung api yang masih aktif sampai saat ini dan gunung yang paling sering meletus. Gunung Kelud sendiri terletak di sebelah timur daripada Kota Kediri, berbatasan langsung dengan Kota Blitar dan Kota Malang. Memiliki puncak yang indah, gunung kelud bisa dijadikan referensi liburan anda semua. Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang ke gunung kelud untuk menikmati indahnya panorama dan merasakkan udara sejuk khas pegunungan.

Ada banyak wisata yang ditawarkan di gunung kelud sendiri seperti Mysterious Road, Terowongan Lava, anak gunung kelud, sumber air panas, theater kelud volcano, flying fox dan Puncak Gardu Pandang, serta bisa juga anda melakukan pendakian. Sepanjang perjalanan kesana pun akan disuguhi banyak pemandangan yang mengesankan, seperti lembah-lembah, juga jurang kiri kanan, dan lereng gunung sekitaran gunung kelud sendiri. Bawalah jaket dan perlengkapan lainnya jika berlibur untuk waktu yang lama.

wisata kediri jawa timur, wisata jawa timur, indonesia tourism place, rute wisata, tiket masuk

TIKET
Untuk tiket masuk ke kawasan Gunung Kelud yaitu 15 ribu rupiah untuk roda dua dan 35-50 ribu rupiah roda empat, biasanya tergantung jumlah penumpang.

RUTE GUNUNG KELUD
Gunung Kelud sendiri masuk kawasan kecamatan Wates dimana letak geografisnya terletak sebelah timur Kota Kediri.

1. Rute dari Utara: Jombang, Mojokerto, Surabaya dan sekitarnya.
dari arah alun-alun jombang ambil arah ke ngoro jombang, lurus terus mengikuti jalan besar menuju ke arah pare, Kediri. Sesampainya di pare, tetapi di jalan utamanya lurus ke selatan ambil jalan menuju arah alun-alun pare, dilanjutkan belok kanan ke barat menuju arah kota kediri/wisata simpang lima gumul. Setelah sampai di Wisata Monumen Simpang Lima Gumul, pada papan petunjuk arah ambil arah menuju pesantren/wates/gunung kelud. Sebelum wates terlebih dahulu masuk kecamatan Pesantren, ikuti terus jalan besarnya kurang lebih sekitar 35 KM sampai ke Gunung Kelud.

2. Rute dari Barat: Kota Kediri, Nganjuk, Madiun dan sekitarnya
dari arah Nganjuk ada 2 alternatif jalan dimana anda bisa memilihnya. Jika lewat jalan besar kertosono Nganjuk, dari jalan raya kertosono-madiun, pada perempatan perbatasan kota nganjuk, kota jombang dan kota kediri ambil arah ke kanan, kota kediri. Kira-kira 35 KM ketemu sama pabrik rokok gudang garam. Pada perempatan gudang garam lurus saja mentok pertigaan ambil kiri lurus arah Wisata Monumen Simpang Lima Gumul. Sesampainya di Gumul, sama seperti rute sebelumnya ambil arah ke wates dan seterusnya.

Untuk Arah Timur dari Malang bisa langsung ambil arah ke Kota Wisata Batu, Malang dilanjutkan arah kediri nanti sampai di Pare. Selanjutnya bisa memilih rute nomor 1.